Sabtu, 23 November 2013

KERANGKA KARANGAN DAN SISTEMATIK PENULISAN



Kerangka karangan adalah rencana penulisan yang memuat garis-garis besar dari suatu karangan yang akan ditulis, dan merupakan rangkaian ide-ide yang disusun secara sistematis, logis, jelas, terstruktur, dan teratur. Kerangka karangan dibuat untuk mempermudah penulisan agar tetap terarah dan tidak keluar dari topik atau tema yang dituju. Pembuatan kerangka karangan ini sangat penting, terutama bagi penulis pemula, agar tulisan tidak kaku dan penulis tidak bingung dalam melanjutkan tulisannya

Berikut adalah contoh kasus, dan Kerangka Karangan yang di sertai Sistematik Penulisannya.


Taman di Belakang Kuil Kuno Ini Bentuknya Sama Sejak 2,5 Abad Lalu!

      Sakai - Di suatu kuil kuno di Sakai Jepang ada taman yang indah. Yang menjadi luar biasa adalah bentuk taman itu tidak berubah hingga kini sejak 250 tahun lalu!
Rabu (6/11/2013) siang itu para jurnalis Sakai Asean Week 2013 menuju ke Kuil Takakuraji di Kota Sakai, Jepang. Tujuannya, menyaksikan kesenian Noh, opera klasik Jepang yang mulai dimainkan pada 650 tahun lalu alias sejak abad ke-14 namun tetap bertahan hingga kini. 
Kami disambut oleh master opera klasik Jepang Noh, Kozo Nagayama (40). Kozo langsung mempersilakan kami untuk melepaskan alas kaki dan memberitahu bahwa di belakang kuil ini ada taman yang bentuknya tidak berubah sejak didesain pada 250 tahun lalu.
Kozo memberitahukan bahwa taman ini didesain oleh arsitektur pertamanan Jepang, Kobori Enshu. Taman itu cantik dipenuhi tanaman perdu, beberapa tanaman pohon keras, dan yang paling belakang adalah hutan bambu.
          Ada batu pijak (stepping stone) yang ditempatkan di tengah-tengah taman itu supaya tanaman semacam rumput yang menggerumbul di bawahnya tidak diinjak-injak. Batu-batu besar seperti batu kali teronggok di beberapa sudut mempercantik taman itu.
          Kuil Takakuraji sendiri merupakan salah satu kuil tertua di Jepang yang didirikan oleh pendeta Buddha terkenal kelahiran Sakai, Gyoki pada tahun 705. Namun kuil ini sempat terbakar dan dibangun kembali pada awal abad ke-17


TOPIK   : Keindahan Kuil Takakuraji di Kota Sakai Jepang
     JUDUL  : Taman pada Kuil Kuno di Sakai Jepang Sejak 250 Tahun Yang Lalu

1.       Segi Keindahan
1.1     Segi Bentuk Taman
1.2        Segi Tradisi dari Kesenian

2.     Segi Masyarakat
2.1        Segi Keramahan Masyarakat
2.2      Segi Kekeluargaan Masyarakat
2.3      Segi Kesopanan  Masyarakat

3.     Segi Arsitektur Bangunan
3.1        Segi Desain Bangunan
3.2      Segi Penambahan unsur alam
3.3      Segi Tata Letak bangunan

4.     Segi Sejarah
4.1  Segi asal terbentuknya Kuil Takakuraji


Tidak ada komentar:

Posting Komentar