Sabtu, 09 November 2013

aspek - aspek yang menentukan kualitas karya tulis

Di dalam pembuatan karya tulis, ada baiknya kita memperhatikan beberapa aspek didalamnya. Ada 2 aspek yang akan saya bahas di dalam tulisan ini. Kedua aspek tersebut adalah :

1. Topik yang menarik

Hal utama yang harus diperhatikan untuk menulis sebuah karya tulis adalah topik. Topik harus dibuat semenarik mungkin agar pembaca semakin tertarik untuk memahami karya tulis yang telah dibuat oleh penulis. Pemilihan topic dan penentuan masalah penelitian merupakan tahap awal dari suatu penulisan karya tulis ilmiah. Pemilihan topik masalah ini sangat menentukan arah kegiatan penulisan karya tulis berikutnya. Topik seharusnya yang menjadi salah satu perhatian penting dalam sebuah penulisan karya tulis ilmiah selain tema dan judul.
hal ini menjadi yang utama yang harus diperhatikan penulis dalam membuat suatu karya tulis, Topik harus menarik terutama bagi penulis karena hal tersebut merupakan salah satu syarat sebuah topik yang baik agar topik tersebut dapat memotivasi pengarang agar terus menerus mencari data untuk memecahkan masalah yang dihadapinya.
Topik yang diangkat juga harus bermanfaat bagi pembaca. Tidak mengandung anjuran-anjuran atau ajaran yang tidak baik. Bermanfaat untuk diterapkan didalam kehidupan sehari-hari.
Topik yang ditulis harus memiliki unsure edukasi, sehingga dapat mendidik masyarakat yang membacanya agar mengerti maksud dan tujuan penulis menuliskan tulisan tersebut.

2. Mudah dipahami oleh pembaca

Aspek ini merupakan aspek yang harus diperhatikan oleh penulis dalam menulis sebuah karya tulisnya. Agar mudah dipahami oleh pembaca, penggunaan kosa kata dalam penulisan tersebut harus jelas dan benar, Penjelasannya pun tidak usah terlalu berbelit-belit, melainkan singkat padat dan jelas. sehingga tidak membosankan untuk dibaca oleh seseorang yang ingin membacanya dan juga penulisan tersebut harus mudah dimengerti maksud (pesan) dari topik penulisan karya tersebut.

sumber :
http://anandantama04.blogspot.com/2013/04/kualitas-suatu-karya-dapat-di-tentukan.html
http://afyahrachmadianty.blogspot.com/1013/01/aspek-aspek-dalam-kualitas-karya-tulis.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar